Selasa, 30 Juli 2013

Unknown

Tips dan Teknik Memotret Pantai

Tips dan Teknik Memotret Pantai  - Pantai merupakan salah satu objeck wisata yang sering kali menjadi pilihan keluarga maupun para pecinta fotography untuk meluangkan waktunya buat berlibur menghabiskan waktu liburan kerja maupun liburan sekolah. Kerap sekali saya jumpai beberapa yang mengambil objeck disalah satu pantai tidak maksimal hasilnya.

Mungkin bisa jadi kurangnya pengetahuan ataupun teknik yang perlu dikuasai ketika kita sedang dipantai, karna disetiap beda objeck pasti mempunyai teknik tersendiri untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu saya akan sedikit memberi tahukan beberapa Tips dan Teknik Memotret Pantai dengan sesingkat dan sedetail mungkin.


Tips dan Teknik Memotret Pantai


Tips dan Teknik Memotret Pantai sangatlah penting untuk dipahami sebelum Anda melakukan eksekusi. Nah disini saya akan sedikit memberi tahukan beberapa Tips dan Teknik Memotret Pantai yang saya ketahui, mudah mudahan bisa berguna.


1. Hal yang paling pertama adalah memahami pencahayaan disekeliling tempat memotret, karena point terpenting dalam dunia photography adalah cahaya. Hindari memotret disiang hari ketika matahari berada pas diatas kepala kita, karena cahaya yang akan kita dapatkan sangatlah keras sehingga akan mengurangi detail foto pantai yang kita ambil.
Cahaya yang bagus itu ketika awal mulanya terbit matahari dan akhir terbenamnya matahari untuk mendapatkan pencahayaan yang lembut dan bisa menceritakan keadaan foto tersebut.


2. Carilah objeck yang meraik disekitar pantai yang kiranya dapat menceritakan suasana didalam foto pantai yang kita ambil. Pasir, hembusan angin dipohon kelapa, tekstur batu alam yang berada dipinggir pantai, langit dan ombak merupakan komponen yang bisa dijadikan objeck foto. Disamping itu kita juga memanfaatkan panorama lain seperti aktifitas nelayan seperti perahu dan tenda yang biasanya ada disetiap pinggiran pantai.


3. Selanjutnya mengatur komposisi yang baik supaya karya kita bisa dinikmati orang banyak. Itu bisa diciptakan dengan menerapkan Rule Off Thirds pada kamera Anda untuk menerapkan perbatasan antara daratan pantai dengan langit supaya menarik ketika dipandang sendiri maupun orang lain.


4. Gunakan aksesoris tambahan seperti Tripod dan filter untuk mempertajam gradiasi warna. Kemudian Filter CPL, CPL merupakan singkatan dari Circular Polarizer. Fungsinya untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam sensor, dengan cara membelokkan cahaya yang tidak diinginkan, dan juga berfungsi untuk menambahkan ketebalan warna dan menambah kontras. Akan kelihatan perbedaannya ketika memakai filter CPL, warna langit akan berubah-ubah, dan yang paling menarik adalah dasar laut akan kelihatan. Pantulan cahaya matahari di permukaan laut akan tidak kelihatan.

Kemudian filter ND, yang singkatannya Neutral Density. Secara umum berfungsi untuk menurunkan exposure(gelap-terang) beberapa stop(tergantung jenis filter ND-nya), tanpa merubah kecerahan warna dan kontras. Otomatis speed kamera dapat diturunkan.
Biasanya filter ND ini untuk membuat efek halus pada air, juga jangan lupa Anda memakai tripod untuk menggunakan slow speed supaya mendapatkan efek air yang halus.



Tips dan Teknik Memotret Pantai




Note : Lakukanlah survei sebelum Anda mendatangi sebuah objeck foto supaya kita bisa memahami pancahayaan yang bagus serta lokasi yang bagus. Ini akan sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu supaya kita tidak ketinggalan moment seperti foto sunset dan sunrise. Kemudian pastikan perlengkapan seperti lensa dll Anda terlindungi aman supaya tidak terkena cipratan air.

Kurang lebih seperti itu yang dapat saya tulis disini. semoga artikel Tips dan Teknik Memotret Pantai ini bisa bermanfaat bagi temen--temen semua dan saya ucapakan terimakasih sudah menyempatkan mampir disini. Salam jepret :D


Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :